Header Ads

Tips Menghindari Kecopetan Saat Berlibur

Tips Menghindari Kecopetan Saat Berlibur

Tips Menghindari Kecopetan Saat Berlibur
MENDATANGI salah satu objek wisata bersama keluarga pastinya menjadi momen tersendiri bagi Sobat. Tetapi, situasi kepadatan pengunjung di suatu lokasi wisata dimanfaatkan oleh banyak oknum untuk melakukan tindakan kriminal. Misalnya, mencopet dompet atau mencuri barang berharga kepunyaan pengunjung.

Seharusnya, liburan bersama keluarga menjadi momen yang menyenangkan. Namun, saat harta benda berharga yang Sobat bawa mengalami kemalingan atau kecopetan, maka hal ini bisa menjadi bencana. Lantaran Sobat tidak dapat selalu untuk fokus memerhatikan keamanan tas atau dompet, maka risiko kehilangan uang, kartu kredit atau surat berharga menjadi cukup tinggi.

Kondisi ini bisa bertambah susah bila Sobat mengalami kecopetan ketika bepergian ke luar negeri. Nah, untuk mengantisipasi supaya Sobat tidak menjadi korban pencopetan, simak tips berikut ini.

1. Kenakan Sabuk Khusus Uang
Benda yang satu ini memiliki bentuk yang kecil, berbahan tipis, dan diletakkan di bagian pinggang. Sabuk khusus ini biasa ditemukan di gerai perlengkapan traveling. Lantaran mengurangi ruang gerak pencopet, benda ini boleh dibilang efektif untuk menyimpan barang berharga Sobat.

2. Usahakan Tampil Tidak Seperti Turis
Hindari untuk memakai busana dan perhiasan yang mencolok. Pasalnya, bahasa dan rupa yang berlainan sudah menandakan bahwa Sobat adalah pendatang. Oleh karena itu, perlihatkan bahasa tubuh yang percaya diri dan jangan bersikap seperti turis yang sedang kebingungan.

3. Bawa Uang Secukupnya
Sebaiknya, Sobat membawa uang secukupnya saja ketika pergi ke pantai atau sedang berjalan-jalan di kota. Apalagi saat hendak berenang di pantai. Jangan sampai kegiatan berenang Sobat menjadi tidak nyaman lantaran merasa cemas meninggalkan banyak uang di tas. Di samping lebih aman, Sobat juga bisa menjadi lebih hemat karena membawa uang secukupnya.

4. Siapkan Banyak Uang Pecahan Kecil
Selain berguna untuk memudahkan transaksi, uang pecahan kecil dapat pula membuat Sobat merasa lebih aman. Sobat tidak perlu mengeluarkan dompet dengan membayar uang pas. Pecahan uang yang terlalu besar pastinya akan menarik para pencopet sebab Sobat dianggap membawa uang banyak.

5. Taruh Dompet di Tempat Aman
Sangat tidak disarankan untuk menunjukkan dompet di tempat umum. Sobat dapat menjadi target para pencuri dengan menunjukkan dompet. Simpan dompet baik-baik di dalam tas, keluarkan cuma ketika diperlukan saja. Simpan uang kecil di beberapa bagian di dalam tas sehingga Anda cuma perlu merogoh kantong ketika sedang membutuhkan uang.

6. Percaya Insting
Jangan ragu untuk memeriksa barang bawaan Sobat atau lari bila memang diperlukan bila merasa ada yang janggal. Sekarang ini, kebanyakan pencopet justru berpakaian rapi dan terlihat seperti wisatawan pada umumnya. Jangan lupa untuk selalu waspada meskipun liburan memang waktunya untuk bersantai.

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.