Header Ads

Perbedaan Ampelas Berdasarkan Bahannya

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengetahui jenis-jenis ampelas dan fungsinya. Jenis-jenis ampelas tersebut dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan bahannya, serta tingkat kasarnya berdasarkan nomor ampelas.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan mengetahui perbedaan ampelas berdasarkan bahannya.

Menurut bentuk dan bahannya, jenis ampelas terdiri atas ampelas lembaran dan ampelas roll atau gulungan. Bahan pembuat ampelas lembaran, bisa terbuat dari kertas atau bisa juga dari bahan kain. Masing-masing bahan tersebut mempunyai kegunaan atau fungsi yang berbeda-beda.

Sementara itu, ampelas gulungan biasanya terbuat dari bahan kain. Ampelas gulungan ini memiliki fungsi yang serba guna.

Kegunaan ampelas kertas biasanya untuk menggosok besi atau untuk menghilangkan karat di besi. Biasanya, ampelas kertas dibasahi dengan air dalam pemakaiannya sehingga ampelas jenis ini juga disebut ampelas air.

Sedangkan ampelas kain biasanya dipakai untuk mengampelas kayu atau tembok. Ampelas kain dalam penggunaannya tidak perlu dibasahi dengan air lantaran bagian kasarnya yang gampang rontok.

Sementara itu, ampelas gulungan atau roll biasanya dapat dipakai untuk menggosok aneka jenis bahan termasuk besi, kayu, tembok, dan lain sebagainya. Ampelas gulungan memiliki sifat tidak gampang rontok sehingga bila dipakai untuk menggosok bahan dari besi dapat dibasahi dengan air.

Tetapi, kalau digunakan untuk menggosok dinding atau bahan dari kayu, maka ampelas gulungan tidak perlu dibasahi dengan air. Ampelas gulungan disebut juga sebagai ampelas serba guna karena mempunyai banyak kegunaan.

Selain kedua jenis ampelas tersebut di atas, ada juga ampelas serabut yang bisa dipakai untuk mengampelas furnitur atau benda-benda yang mempunyai banyak lekukan, ukiran, atau lubang kecil.

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Powered by Blogger.