Header Ads

Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia

Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia

Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia
Kuliner Indonesia yang rasanya nikmat sekali dan jenisnya beraneka ragam begitu dikenal di dunia. Nah, berikut informasi mengenai beberapa kuliner khas Indonesia yang mendunia.

1. Gado-gado

Makanan yang satu ini berasal dari daerah Jawa. Gado-gado adalah makanan berupa sayur-sayuran yang direbus, lalu dihidangkan dengan campuran bumbu kacang tanah. Gado-gado biasanya disajikan dengan tambahan lontong dan kerupuk.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng merupakan makanan berbahan nasi dicampur dengan aneka bumbu, baru setelah itu digoreng. Tiap daerah di Tanah Air memiliki ragam bumbu, rasa, dan campuran nasi goreng yang berbeda-beda.

3. Soto Ayam

Soto Ayam merupakan makanan semacam sup yang memakai air kaldu ayam dan bumbu kunir sebagai bahan utamanya. Campuran yang dipakai pada soto ayam ada banyak sekali, namun yang paling terkenal adalah ayam atau daging.

4. Sate Ayam

Makanan yang terkenal di dunia selain soto ayam adalah sate ayam. Ada sebuah restoran yang menjual sate ayam di New York, Amerika Serikat. Restoran ini menjadi favorit untuk warga AS dengan adanya menu sate ayam meskipun restoran tersebut tidak terlampau besar.

5. Rendang

Makanan dengan bahan daging ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Lantaran memakai bumbu-bumbu dan rempah-rempah yang sangat beragam, rendang memiliki cita rasa yang begitu khas. Rendang memperoleh peringkat pertama dalam daftar '50 Hidangan Terlezat Dunia' yang diselenggarakan oleh CNN Internasional pada tahun 2011.

6. Sop Buntut

Makanan ini mempunyai bahan dasar berupa daging buntut atau terlebih dahulu kemudian barulah dibakar atau digoreng. Kedutaan Indonesia di Spanyol pernah memperkenalkan masakan khas Indonesia.

7. Bakso, Lodeh, dan Gule

Ada satu restoran yang menyajikan masakan khas Indonesia bernama Restoran Cita Rasa di Kota Hamburg, Jerman. Restoran ini menghidangkan menu Nusantara, mulai dari gule, lodeh, bakso, gado-gado, hingga es teler.

8. Tempe

Makanan ini terbuat dari fermentasi kacang kedelai yang bisa dinikmati dengan cara apa saja. Bukan cuma di dalam negeri, tempe ini juga telah dikenal luas di mancanegara. Contoh, seorang WNI di Jepang dikenal mempunyai bisnis tempe dan banyak warga Jepang yang menjadi pelanggannya.

9. Ayam Penyet

Bagi kamu yang pernah mengunjungi Singapura, tentunya tidak asing dengan kuliner Ayam Penyet Presiden. Pemilik rumah makan tersebut mengaku memegang resep khusus dengan terus menggunakan bahan-bahan khas dari Indonesia, seperti terasi dan petis. Sekarang, Ayam Penyet Presiden ini telah membuka 3 cabang di Singapura.

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.