Header Ads

Kiat-Kiat Meningkatkan dan Mengoptimalkan Conversion Rate

Kiat-Kiat Meningkatkan dan Mengoptimalkan Conversion Rate

Kiat-Kiat Meningkatkan dan Mengoptimalkan Conversion Rate
Ada banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan dari sebuah situs atau blog. Salah satu faktor tersebut adalah trafik. Namun, bila Sobat memakai blog bukan cuma sebagai media untuk menyampaikan ide melainkan juga untuk bisnis, maka conversion adalah satu hal yang penting sekali untuk diperhatikan.

Pada umumnya, conversion rate merupakan jumlah pengunjung yang mau mengikuti tindakan yang Sobat anjurkan dalam blog Sobat. Dengan kata lain, conversion rate bukan cuma pengunjung yang datang dan melihat blog Sobat, melainkan juga turut mengambil aksi sesuai dengan apa yang Sobat sarankan. Conversion rate dihitung dari jumlah pengunjung yang mengambil tindakan dari konten blog yang Sobat sarankan dibagi dengan total keseluruhan pengunjung blog Sobat.

Kalau sebelumnya dalam artikel 5 tips mudah meningkatkan komisi afiliasi ditekankan pada pentingnya trafik, maka pada conversion rate ini trafik mesti diimbangi dengan jumlah pengunjung yang mengambil tindakan sesuai degnan apa yang Sobat anjurkan. Peningkatan conversion rate blog Sobat akan berbanding lurus dengan peningkatan profil Sobat.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan conversion rate Sobat. Berikut kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan conversion rate.

1. Lakukan Tes terhadap Laman Headline

Sobat mesti sering melakukan testing untuk meningkatkan coversion rate blog. Maksud dari testing di sini adalah untuk menguji dan menganalisis konten blog dengan headline seperti apa yang menarik minat pengunjung. Headline yang Sobat lakukan harus mempunyai judul yang berlainan. Selain itu, pemilihan kata dan desain untuk konten juga amat menentukan minat dari pengunjung. Oleh karena itu, pilihlah kata-kata yang menarik dan bersifat mengajak supaya pengunjung blog Sobat mau ikut terlibat dengan hal-hal yang Sobat sarankan dalam konten blog.

2. Perhatikan Tata Letak Blog

Blog dengan konten yang lengkap merupakan suatu keharusan namun perhatikan juga posisi-posisi konten yang Sobat punyai. Hindari blog berisi banyak informasi namun tampilannya semrawut dan tidak beraturan. Desainlah blog Sobat agar mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan pengunjung. Di samping itu, perhatikan pula letak banner-banner iklan yang dipasang. Jangan sampai kebanyakan iklan sehingga pengunjung terdistraksi dengan konten yang Sobat buat.

3. Jangan Langsung Jualan!

Jangan sekali-kali untuk melakukan hard selling bila Sobat mau meningkatkan profit dari blog yang Sobat kelola. Jangan menawarkan produk atau jasa yang Sobat miliki secara langsung dan terang-terangan! Buatlah sebuah jalan cerita yang menarik di dalam konten blog Sobat yang membuat pengunjung blog memperoleh apa yang pertama kali mereka cari saat mengunjungi blog Sobat. Nah, apabila mereka telah mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan, maka barulah kemudian Sobat dapat menawarkan apa yang Sobat inginkan.

Jangan terlalu agresif dalam menawarkan produk! Pasalnya, hal ini dapat membuat pembaca blog Sobat kabur lantaran menganggap Sobat cuma berjualan bukan memberikan informasi. Build trust first, buatlah para pengunjung percaya terlebih dahulu dengan konten yang Sobat buat, baru setelah itu berjualan.

4. Gunakan Bahasa yang Sederhana

Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dimengerti oleh para pembaca blog saat Sobat menulis konten. Betapa pun bagus dan berkelasnya bahasa yang Sobat gunakan untuk konten blog, tetapi jika itu malah membuat pembaca bingung, maka hal ini artinya sama dengan nol. Penggunaan bahasa yang rumit membuat pengunjung akan bingung dan merasa bosan serta kemungkinan besar akan meninggalkan blog Sobat. Gunakan bahasa yang gampang untuk dipahami supaya para pembaca betah berlama-lama mengunjungi blog Sobat.

5. Buat Pengunjung Percaya

Buat pengunjung percaya seperti apa yang dibahas secara sekilas pada poin nomor 3. Kepercayaan ini adalah penting sekali demi keberlangsungan bisnis yang Sobat jalankan melalui blog atau web. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun kepercayaan tersebut.

  • Halaman testimoni: mintalah konsumen yang memakai produk atau jasa Sobat untuk menulis testimoni. Hal ini akan membantu pengunjung Sobat yang baru percaya bahwa Sobat tidak melakukan penipuan.
  • Tunjukkan perusahaan yang sebenarnya: berikan informasi kepada konsumen Sobat bahwa produk atau jasa yang Sobat jual diproduksi oleh perusahaan yang sebenarnya bukan hasil buatan Sobat semata. Beri tahu mereka informasi tentang perusahaan tersebut.
  • Berikan informasi yang lengkap: beri tahu juga mereka informasi yang lengkap tentang produk atau jasa yang Sobat tawarkan. Hal ini akan membuat mereka kaya akan informasi dan dapat menilai apakah produk atau jasa yang Sobat tawarkan patut untuk dibeli.


6. Gunakan Desain yang Baik

Desain mempunyai peran yang penting sekali untuk kesuksesan sebuah blog. Bukan cuma bagus dalam hal artistik, melainkan juga memudahkan pengunjung dalam mengakses blog tersebut. Aplikasikan desain yang simpel dan tidak berbelit-belit dalam penggunaannya.

7. Interaktif dengan Pengunjung Blog

Sebagus apa pun desain blog dan konten blog atau web yang Sobat miliki akan sia-sia bila Sobat tidak interaktif dengan pengunjung Sobat. Layanilah setiap pertanyaan dan komplain yang diberikan oleh pengunjung blog Sobat dengan baik. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan kemungkinan besar akan menambah kepercayaan mereka dengan adanya feedback yang Sobat berikan atas pertanyaan dan keluhan mereka.

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.