Header Ads

10 Variasi Makanan Olahan dari Singkong

10 Variasi Makanan Olahan dari Singkong

10 Variasi Makanan Olahan dari Singkong
Singkong atau ketela pohon merupakan bahan makanan yang sudah familiar di masyarakat kita. Singkong menjadi salah satu makanan kesukaan masyarakat di Indonesia lantaran mempunyai kandungan gizi dan rasanya yang enak. Di era sekarang, singkong pun datang dalam beragam variasi olahan yang mengunggah selera makan.

Berikut 10 variasi makanan olahan dari singkong.

1. Singkong Goreng

Makanan olahan yang berasal dari singkong ini terbilang praktis sekali. Bagaimana tidak praktis, cuma dengan mengupas kulitnya, lalu memotongnya sesuai dengan selera kita, kemudian menggorengnya ke dalam minyak panas, maka singkong goreng sudah siap untuk dinikmati. Makanan yang satu ini cocok kalau ditemani dengan minuman teh atau kopi.

2. Keripik

Keripik singkong merupakan makanan yang disukai oleh beragam kalangan. Makanan ini tidak memandang usia atau pun status sosial. Produsen keripik singkong bermunculan lantaran banyaknya penyuka keripik singkong ini. Modifikasi produksi pun dilakukan oleh para produsen tersebut. Contohnya, mereka menjual keripik singkong pedas dengan beragam level tingkat kepedasan. Selain itu, mereka juga memproduksi varian rasa keripik singkong. Misalnya, rasa ayam, sapi, dan seafood.

3. Singkong Rebus

Makanan olahan dari singkong lainnya adalah singkong rebus. Meskipun tanpa perlu untuk mengolah menjadi bentuk yang berbeda, makanan yang satu ini tetap banyak diminati oleh masyarakat. Singkong rebus sering kali dijadikan sebagai alternatif penunda lapar ketika siang hari menjelang sore. Pasalnya, makanan ini menimbulkan efek kenyang sesudah mencicipinya.

4. Getuk

Penikmat getuk dapat menjadi kecanduan karena tekstur lembut yang dimiliki oleh getuk. Proses pembuatan getuk diawali dengan mengupas singkong kemudian merebusnya hingga matang. Sesudah itu, singkong ditumbuk hingga halus atau dapat pula digiling. Langkah berikutnya adalah menambahkan pewarna dan pemanis, bisa terbuat dari gula pasir atau gula jawa. Biasanya getuk disajikan dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

5. Combro/Misro

Makanan tradisional ini berasal dari daerah Sunda. Nama kedua makanan ini juga diambil dari kosa kata bahasa Sunda, yaitu oncom di jero (oncom di dalam) atau amis di jero (manis di dalam).
Selain itu, makanan ini juga terbukti banyak disukai oleh beragam kalangan.

6. Bolu/Cake Singkong

Bolu singkong merupakan kreasi makanan dari singkong lainnya. Pada umumnya, pembuatan bolu menggunakan bahan baku utama tepung terigu. Tetapi, bolu juga dapat dibuat dari tepung singkong. Cara memasak makanan ini bisa dipanggang atau dikukus.

7. Kolak

Kolak merupakan sejenis makanan bersantan bercita rasa manis. Makanan ini menjadi favorit sebagai menu berbuka puasa ketika bulan Ramadhan. Kolak singkong bisa dihidangkan dengan beragam tambahan isian, seperti nangka atau kolang-kaling.

8. Timus

Kudapan ini juga terbuat dari bahan dasar singkong. Timus singkong ini gampang sekali dibuatnya. Di samping itu, bahan-bahannya juga mudah ditemukan, seperti kelapa, gula merah serta daun pisang sebagai pembungkus. Makanan khas tradisional Indonesia ini adalah makanan sehat warisan dari para leluhur.

9. Singkong Keju

Seiring dengan perkembangan zaman, singkong juga sekarang disandingkan dengan bahan modern, misalnya keju. Rasa gurih yang dimiliki keju semakin menambah selera untuk makan singkong. Kini, penjual singkong keju mudah dijumpai dengan banderol yang murah meriah. Biasanya, harga singkong keju ini berkisar antara Rp 6.000 sampai Rp 8.000.

10. Singkong Bakar

Singkong juga bisa dibakar selain digoreng dan direbus. Membakar singkong memerlukan teknik tersendiri. Kalau cara yang dilakukan kurang tepat, maka hasilnya juga akan berpengaruh terhadap cita rasa makanan.

Nah, dari 10 variasi makanan olahan singkong tersebut, mana yang menjadi favorit Sobat?

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.