Header Ads

10 Taman Nasional Terkenal di Indonesia

10 Taman Nasional Terkenal di Indonesia

10 Taman Nasional Terkenal di Indonesia
Indonesia merupakan negeri yang mempunyai banyak taman nasional. TN tersebut tersebar di berbagai provinsi. Fungsi taman nasional bukan hanya sebagai daya tarik wisata, melainkan juga sebagai sarana konservasi dan pusat ilmu pengetahuan. Berikut 10 Taman Nasional terkenal di Indonesia.

Baca Juga: 9 Taman Nasional Paling Terkenal di Dunia

1. Taman Nasional Raja Ampat, Papua

Akhir-akhir ini, Taman Nasional Raja Ampat memperoleh sorotan dari para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Wilayah terpencil di Papua yang kaya akan keragaman hayati ini mempunyai pesona yang kuat sekali. Kekayaan biota lautnya sanggup untuk menyedot atensi para pengunjung.

2. Taman Nasional Bromo, Jawa Timur 

Beberapa titik yang indah di Taman Nasional Bromo di antaranya adalah Bromo Sunrise, Milky Way Bromo, Bukit Teletubbies, dan Pasir Berbisik. Kawasan konservasi dengan lautan pasir luas di provinsi Jawa Timur ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan sepanjang tahun. Bahkan, ketika Gunung Bromo tengah erupsi pun, Taman Nasional Bromo tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Taman Nasional Pulau Komodo
Taman Nasional Pulau Komodo

3. Taman Nasional Pulau Komodo, NTT 

Ada reptil langka yang menjadi legenda bernama Komodo di lokasi ini. Tempat yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menjadi semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan sejak diresmikan sebagai Taman Nasional dan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

4. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara 

Terdapat taman bawah laut dengan pemandangan aneka spesies ikan indah sekali di Taman Nasional yang berada di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Di tempat ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut lain seperti terumbu karang. Menurut catatan, ada sekitar 400 spesies terumbu karang yang berada di taman nasional ini.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

5. Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB 

Para pendaki lokal dan internasional menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan tracking favorit. Salah satu daya tarik utama adalah lantaran panoramanya yang amat indah. Beberapa spot menarik lain dari tempat ini di antaranya adalah Danau Segara Anak, Sebau, dan Gunung Baru.

6. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten 

Taman Nasional ini berada di ujung paling barat Pulau Jawa. Dua spot yang dapat disaksikan oleh pengunjung Taman Nasional ini adalah Semenanjung Ujung Kulon dan Pulau Peucang. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat Badak Jawa yang keberadaannya terancam punah di tempat ini. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di sini adalah camping, menyelam, snorkeling, serta memancing.

7. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini mempunyai keanekaragaman hayati laut yang tidak kalah indahnya dengan Raja Ampat atau Bunaken. Beberapa hewan penghuni dari Taman Nasional Wakatobi ini di antaranya adalah cerek melayu, angsa batu cokelat, dan penyu.

8. Taman Nasional Kelimutu, NTT 

Danau Tiga Warna di Taman Nasional Kelimutu menjadi primadona dan sudah dinobatkan menjadi salah satu keajaiban dunia. Wisatawan bahkan bisa menyusuri jalur arboretum untuk melakukan kunjungan edukatif atau sekadar melakukan perjalanan pariwisata. Sepanjang jalur tersebut terdapat flora dan fauna endemik khas Flores seperti burung Garugiwa serta Macaranga Gigantea yang merupakan flora dengan ukuran raksasa.

9. Taman Nasional Gunung Leuser, NAD dan Sumatera Utara 

Wisatawan di Taman Nasional Gunung Leuser bisa menikmati pengalaman berinteraksi dengan gajah Sumatera yang telah mulai langka. Selain itu, pelancong juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

10. Taman Nasional Lorentz, Papua 

Taman Nasional yang berada di Provinsi Papua ini ditetapkan sebagai World Heritage Sites (Situs Warisan Dunia). Bahkan, Lorentz juga tercatat sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Keanekaragaman hayati yang dipunyainya menjadi magnet kuat untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Berjalan-jalan di pantai, mendaki puncak Cartenz, dan berfoto adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi ini.

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.