Header Ads

10 Cara Mencegah atau Meredakan Gejala Pilek

10 Cara Mencegah atau Meredakan Gejala Pilek

10 Cara Mencegah atau Meredakan Gejala Pilek
10 Cara Mencegah atau Meredakan Gejala Pilek - Memasuki musim hujan ini, biasanya pilek mudah menyerang apalagi dalam kondisi cuaca yang dingin. Ada  banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit yang mengakibatkan hidung meler dan bersin-bersin tersebut.

Seperti dikutip dari  detikHealth, Selasa (6/10/2012), berikut 10 cara untuk mencegah atau meredakan gejala pilek yang dapat dilakukan pada saat musim hujan.

1. Perbanyak asupan zink

Zink atau seng adalah mineral penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi suplemen zink pada hari pertama merasakan gejala pilek terbukti dapat mengurangi tingkat keparahan gejala. Kemungkinan sembuhnya juga akan menjadi lebih cepat.

2. Tenangkan pikiran

Teknik olah pikiran ini akan membantu meredakan stres yang berarti juga dapat menangkal pilek bagi yang suka meditasi. Pikiran yang tenang serta lebih rileks terbukti mengurangi tingkat keparahan dan lamanya serangan pilek sebanyak 35 - 60 persen.

3. Perbanyak minum

Hidung dan saluran napas akan tetap lembab bila cairan tubuh selalu terjaga. Hal ini membuat partikel-partikel kuman akan kesulitan untuk masuk sehingga infeksi lebih mudah dicegah.

4. Sering berkumur

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa kumur dengan air bersih beberapa kali dalam sehari bisa menyingkirkan kuman-kuman yang mungkin bersembunyi di mulut.

5. Minum probiotik

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minuman probiotik dapat mengurangi lamanya serangan pilek dari rata-rata 6 hari menjadi 4 hati saja. Tingkat keparahan gejala pilek juga berkurang 30 persen.

6. Coba ramuan herbal

Pelargonium sidoides yang merupakan herbal asli Afrika adalah salah satu contoh ramuan untuk pilek yang cukup terkenal di seluruh dunia. Herbal ini sebaiknya juga dikonsumsi sejak hari pertama gejala pilek muncul.
Mirip dengan suplemen zink

7. Perbanyak vitamin D

Bukan suatu kebetulan bila pilek paling banyak menyerang ketika matahari lebih banyak bersembunyi di balik mendung. Tubuh memerlukan sinar matahari untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Tanpa adanya vitamin D akan membuat daya tahan tubuh melemah.

8. Istirahatkan tubuh dan pikiran

Disarankan untuk berhenti berolahraga dulu hingga gejala pilek mereda. Perbanyak waktu istirahat agar tubuh memiliki cukup energi untuk memerangi infeksi.

9. Makan bawang putih

Bawang putih adalah antimikroba alami yang sangat dapat diandalkan walaupun bau dan rasanya tak enak. Memperbanyak konsumsi bawang putih akan membantu sistem imun tubuh untuk menangkal penyakit maupun menyembuhkan bagi yang sudah terlanjur kena.

10. Tambah jam tidur

Penelitian di jurnal Archives of Internal Medicine membuktikan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam per hari, 3 kali lebih rentan pilek dibanding yang tidurnya 8 jam per hari. Tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga pilek juga dapat mengindikasikan bahwa seseorang sedang kurang tidur.

Itulah informasi mengenai 10 cara untuk mencegah atau meredakan gejala pilek yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. thanks sudah sharing tipsnya yah gan.. :)

    ReplyDelete
  2. ditunggu postingan bermanfaat berikutnya sob..

    ReplyDelete
  3. musim hujan seperti ini sangat riskan terkena pilek terutama anak2
    terima kasih atas tipsnya, sangat membantu

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.