Header Ads

Tips Memilih Ponsel Kamera

Tips Memilih Ponsel Kamera

Ponsel Kamera
Tips Memilih Ponsel Kamera - Sekarang ini, ponsel-ponsel yang beredar di pasaran sudah dibekali dengan segudang fitur sehingga keberadaan ponsel kini tidak hanya sebatas alat komunikasi saja , namun telah menjadi multifungsi. Ponsel kini telah menjadi pengganti beragam perangkat.

Fitur kamera yang sangat populer adalah kamera karena fungsinya yang bisa menggantikan kamera digital. Ketenaran penggunaan fitur kamera di ponsel membuat vendor ponsel berinovasi menciptakan ponsel-ponsel dengan kualitas yang semakin canggih, baik dari segi lensa maupun resolusi serta fitur yang lainnya.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ponsel kamera. Tips memilih ponsel kamera ini bersumber dari Tabloid PULSA edisi 244.

1. Desain Ponsel Kamera

Desain, dimensi, serta bobot ponsel perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan dalam penggunaan. Untuk memudahkan kegiatan memotret atau merekam video, pilihlah ponsel kamera yang simpel, ringan serta mudah dibawa-bawa.

2. Resolusi Kamera

Resolusi adalah jumlah piksel yang tersusun dalam sebuah gambar digital. Resolusi ditentukan dengan jumlah dan kumpulan piksel yang membentuk gambar foto atau titik dalam bidang gambar. Resolusi ini menentukan kualitas gambar. Angka "Megapixel" yang semakin besar akan membuat foto yang dicetak menjadi lebih jelas dan besar.

3. Autofocus, Lensa, dan Sensor Kamera

Fitur autofocus bisa memokuskan objek tertentu pada hasil foto. Jenis lensa yang saat ini ada di pasaran adalah jenis lensa Carl Zeiss. Sensor kamera ada 2 jenis yaitu CCD (charge Cuopled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Fitur ini ada di ponsel kamera level menengah dan premium.

4. White Balance, Exposure, Scene Mode

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, pengguna membutuhkan white balance dan exposure karena white balance membantu pengaturan exposure (bukaan lensa) yakni mengondisikan keadaan cahaya sekitar. Sedangkan scene mode membantu pengaturan exposure kamera sesuai kondisi pencahayaan saat malam, siang indoor (incandescent dan fluorescent). Fitur ini biasa dibenamkan pada ponsel dengan harga murah sampai premium.

5. Flash Light

Fitur flash light diperlukan untuk pengambilan foto di dalam ruangan. Ada 3 macam tipe lampu flash light yaitu Single LED Flas, Dual LED Flash (lampu yang hemat baterai namun menghasilkan cahaya yang kurang terang) dan Xenon Flash. Tipe lampu Xenon Flash menghasilkan cahaya ± 1000 kali lebih terang dari tipe LED. Xenon Flash membutuhkan daya baterai baterai yang lebih besar sehingga boros baterai.

6. Fitur Makro

Fitur ini berguna untuk memokuskan objek yang dekat dengan lensa (kurang dari 2 meter) dan menghasilkan foto dengan kualitas lebih tajam dan detail. Fitur makro biasanya tersedia pada ponsel menengah ke atas.

7. Face Detection, Smile Detection, dan Image Stabilisation

Face Detection merupakan teknologi untuk mengenali wajah dan melakukan fokus di wajah. Smile Detection adalah fitur yang berfungsi untuk mengaktifkan tombol shutter secara otomatis saat objek foto tersenyum. Image Stabilisation merupakan fitur anti shake yang berguna untuk membuat hasil foto tidak berbayang atau goyang karena pengguna mempunyai tangan gemetar ketika mengambil objek foto. Ketiga fitur ini biasanya terdapat di ponsel kamera menengah ke atas.

8. Akses Tombol Khusus Kamera

Fitur ini berguna untuk memudahkan dalam menggunakan fitur kamera sehingga pengguna tidak perlu masuk ke menu ponsel untuk mencari fitur kamera. Akses tombol khusus kamera ini umumnya telah tertanam pada ponsel kamera murah, menengah maupun premium.

9. Kualitas Rekaman Video

Fitur yang ada di ponsel kamera ini ditentukan oleh seberapa besar frame per second (FPS) yang dipunyai oleh ponsel. Semakin tinggi FPS-nya maka semakin bagus kualitas video yang dihasilkan.

10. Upload Social Networking

Bagi para penyuka media sosial, fasilitas ini merupakan fitur wajib karena mereka dapat secara langsung membagi (share) hasil foto maupun rekaman video tanpa harus memindahkan data terlebih dahulu ke piranti lain.

11. Kapasitas Memori

Kapasitas memori yang lebih besar membuat resolusi foto yang lebih besar dapat tercover dan jumlah foto yang tersimpan akan lebih banyak.

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.