Header Ads

Sekilas tentang Near Field Communication atau NFC

Sekilas tentang Near Field Communication atau NFC

Near Field Communication
Sekilas tentang Near Field Communication atau NFC - Pada artikel sebelumnya yang berjudul "Kunci Pintu Memakai Ponsel", terdapat istilah "NFC" di paragraf terakhir. Sebenarnya NFC itu apa sih?

Menurut Wikipedia, NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yaitu seperangkat teknologi konektivitas nirkabel berbasis teknologi ''Radio Frequency Identification'' (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat.

NFC ini merupakan teknologi terbaru yang memungkinkan ponsel Anda terhubung dan berinteraksi secara cepat dengan ponsel dan gadget yang juga mempunyai fasilitas NFC. Kegiatan berbagi file dengan NFC akan lebih mudah bila dibandingkan dengan menggunakan teknologi bluetooth.

Anda juga bisa menggunakan ponsel dengan kemampuan NFC untuk melakukan transaksi pembelian, tiket digital, mendapatkan informasi semacam berita atau info perjalanan serta bertukar informasi pribadi dengan kontak baru.

Jarak yang dibutuhkan untuk menggunakan teknologi NFC di ponsel adalah sekitar 2,5 cm atau 1 inci. Teknologi NFC harus dihidupkan bila ingin melihat poster digital atau menghubungkan ke aksesori gadget.

Sedangkan untuk transaksi pembayaran, Anda dapat menggunakan teknologi NFC walaupun ponsel dalam keadaan terkunci, lampu latar dimatikan.

Bila Anda mencoba melakukan transaksi pembayaran menggunakan teknologi NFC, maka Anda akan dikonfirmasi untuk memasukkan PIN atau kata sandi yang dikaitkan dengan kartu kredit atau aplikasi pembayaran.

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.