Header Ads

Lima Hal yang Dihindari Agar Tidur Lebih Nyenyak

Lima Hal yang Dihindari Agar Tidur Lebih Nyenyak

Lima Hal yang Dihindari Agar Tidur Lebih Nyenyak
Lima Hal yang Dihindari Agar Tidur Lebih Nyenyak - Waktu tidur yang cukup serta tidur yang berkualitas di malam hari akan berpengaruh terhadap kinerja seseorang pada keesokan harinya. Untuk itu kita perlu menghindari beberapa hal kesalahan yang bisa mengganggu tidur.

Apa sajakah hal-hal yang dapat mengganggu tidur tersebut? Berikut 5 kesalahan yang perlu dihindari supaya Sobat bisa tidur dengan nyenyak yang dikutip dari detikHealth seperti dilansir besthealth, Kamis (25/10/2012):

1. Begadang di Akhir Pekan

Banyak orang yang ingin menghabiskan malam di akhir pekan dengan cara berkumpiul bersama kawan-kawan setelah seminggu sibuk dengan rutinitas pekerjaan. Akibatnya, orang akan tidur di pagi hari dan bangun pada siang harinya.

Aktivitas seperti ini bisa mengacaukan jam biologis Sobat dan akan memengaruhi kebiasaan tidur di hari selanjutnya. Kualitas tidur yang buruk seperti ini dapat menyebabkan kelelahan serta kehilangan semangat saat akan kembali bekerja.

Supaya tak mengganggu jam biologis Sobat, tidurlah pada jam yang sama setiap hari. Selain itu, pastikan untuk tidur setidaknya 7 hingga 8 jam per hari.

2. Melakukan Pekerjaan Sebelum Tidur

Melakukan pekerjaan hingga 1 jam sebelum tidur bisa menyebabkan tubuh kurang siap untuk diistirahatkan dan akan terjaga sejenak. Kurangi aktivitas sebelum tidur atau lakukan kegiatan ringan seperti membaca buku, mendengarkan musik lembut atau mandi agar tubuh lebih santai dan siap untuk beristirahat.

3. Terlalu Asyik dengan Ponsel Sobat

Tetap memeriksa ponsel sebelum tidur meski sekadar untuk memeriksa email atau mencari hiburan melalui jejaring sosial bisa membuat Sobat terlalu larut ke dalam aktivitas tersebut sehingga mengganggu waktu tidur. Sebaiknya matikan ponsel Sobat atau nonaktifkan nada deringnya sebelum tidur supaya Sobat bisa tidur dengan nyenyak.

4. Berolahraga Tepat Sebelum Tidur

Aktivitas olahraga yang dilakukan tepat sebelum tidur bisa membuat Sobat merasa kelelahan pada keesokan harinya. Setidaknya 3 jam sebelum tidur, jadwalkan untuk berolahraga agar memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat dan bersantai sejenak sebelum Sobat pergi tidur.

5. Minum Kopi Sebelum Tidur

Minum kopi sebelum tidur dapat membuat Sobat terjaga di malam hari. Minum kopi atau teh di malam hari merupakan sesuatu yang tak baik karena kafein dalam minuman tersebut bisa mengganggu tidur REM (Rapid eye movement) yakni gerakan mata cepat yang merupakan tahapan normal tidur dan membuat Sobat merasa kelelahan sewaktu bangun di pagi hari.

Lebih baik minum susu hangat sebelum tidur daripada minum minuman berkafein. Minum susu bisa membuat tidur Sobat menjadi lebih nyenyak.

1 comment:

  1. saya sering juga minum kopi saat malam, akibatnya tidak dapat tidur dengan cepat dan esok harinya malah mengantuk

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.