Header Ads

BREW, CDG, Dashboard, HFP, HID, NAM, PCMCIA, PC Sync, PPI, dan SMIL

BREW, CDG, Dashboard, HFP, HID, NAM, PCMCIA, PC Sync, PPI, dan SMIL

BREW, CDG, Dashboard, HFP, HID, NAM, PCMCIA, PC Sync, PPI, dan SMIL
BREW, CDG, Dashboard, HFP, HID, NAM, PCMCIA, PC Sync, PPI, dan SMIL merupakan istilah-istilah yang berhubungan dengan dunia teknologi seluler.

Apakah Sobat merasa bingung dengan istilah-istilah di atas?

Nah, melalui artikel ini blog Klik Munadi akan memberikan sedikit informasi mengenai istilah-istilah yang terdengar asing di telinga ini.

Semoga dengan penjelasan yang cukup singkat ini, para Sobat dapat sedikit memahami tentang arti dari istilah BREW, CDG, Dashboard, HFP, HID, NAM, PCMCIA, PC Sync, PPI, dan SMIL.

BREW
BREW merupakan singkatan dari Binary Runtime Environment for Wireless. BREW ini adalah solusi yang dikembangkan oleh Qualcomm untuk mengunduh aplikasi kecil dan konten ke dalam telepon seluler. Komponen utama BREW memungkinkan pengguna mengunduh dan menjalankan aplikasi perangkat lunak kecil pada perangkat nirkabel, termasuk ponsel di dalamnya.

CDG
CDG mempunyai kepanjangan CDMA Development Group, yakni sebuah perusahaan konsorsium internasional yang bekerja untuk mengadopsi dan melakukan evolusi terhadap sistem nirkabel CDMA di seluruh dunia. 

Dashboard
Dashboard adalah sebuah panel tunggal yang menyediakan informasi status visual sederhana dan dikumpulkan dari berbagai sumber. Panel bersifat virtual dalam telepon. Dashboard menyajikan berbagai data lain yang terpisah pada satu layar pada perangkat lunak.

HFP
Handsfree Profile merupakan kepanjangan dari HFP. HFP ialah sebuah profil Bluetooth yang didesain untuk memungkinkan pembicaraan 2 arah bisa digunakan dengan ponsel berfitur Bluetooth.

Walaupun bisa digunakan dengan aksesoris desktop speaker phone, tetapi penggunaan yang populer adalah dengan car kit. Sebuah Bluetooth car kit akan menggunakan HFP untuk menyambung ke telepon Bluetooth. Hal ini memungkinkan panggilan telepon berlangsung melalui sistem audio mobil atau speaker.

HFP merupakan salah satu profil Bluetooth yang paling umum. Semua headset Bluetooth yang moderen mendukung fitur HSP dan HFP, maka dari itu ponsel tanpa HSP masih bisa menggunakan headset Bluetooth melalui HFP.

HID
HID adalah singkatan dari Human Interface Device. HID merupakan sebuah profil Bluetooth yang bisa diguankan sebagai remote control dari satu perangkat ke perangkat lain. Interface hardware yang digunakan diantaranya keyboard, keypad, joystick, dan d-pad. Tetapi tak semua perangkat Bluetooth mendukung HID. Selain itu, banyak ponsel yang mendukung profil HID hanya dalam satu arah.

NAM
NAM adalah kependekan dari Number Assignment Module yaitu sebuah bagian dari ponsel yang berguna utnuk menyimpan nomor telepon, kode kunci, timer reset code dan informasi pengguna lainnya. NAM diprogram oleh penyedia layanan ketika perangkat diaktifkan. Beberapa telepon nirkabel mempunyai fitur ganda atau multi-NAM yang memungkinkan pengguna untuk mempunyai lebih dari satu line telepon (dua "line" pada satu telepon). 

PCMCIA
PCMCIA adalah kependekan dari Personal Computer Memory Card International Association. PCMCIA merupakan kelompok produsen hardware dan vendor yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar intuk kartu PC atau PC cards atau disebut juga PCMCIA cards.

PCMCIA card ialah sebuah perangkat yang mungkin dihubungakn ke slot di PC dan perangkat komunikasi nirkabel untuk menyediakan fungsi faks atau modem atau kartu jaringan.

PC Sync
PC Sync memungkinkan pengguna untuk menghubungkan telepon seluler ke komputer dengan kabel. Selain itu, bisa melakukan sinkronisasi kalender dan informasi kontak antara telepon seluler dan aplikasi komputer seperti Outlook.

PPI
Pixels per Inch, itulah kepanjangan dari PPI. PPI ialah jumlah piksel (titik) per inci yang diukur sepanjang kedua sumbu linier vertikal atau horizontal dalam konteks layar. PPi disebut sebagai kerapatan piksel.

Makin banyak piksel per inci akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dengan detail yang lebih baik serta garis dan teks yang lebih halus. PPI hanya mengacu pada jumlah piksel per inci bukan jumlah total piksel pada layar atau ukuran fisik total layar. Tetapi, ketiga faktor ini saling terkait satu sama lain.

SMIL
SMIL mempunyai kepanjangan Synchronized Multimedia Integration Language yakni sebuah standar untuk presentasi audio visual interaktif. SMIL difungsikan sebagai pesan MMS yang mengintegrasikan streaming audio dan video dengan gambar, teks atau jenis media lainnya pada perangkat telepon seluler. Sebuah presentasi SMIL biasanya mencakup beberapa "slide" yang diputar secara berurutan. 

Sumber: Tabloid PULSA edisi 244

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.