Header Ads

Arti Transflective, VoIP, WLNP, WWAN, dan XML

Arti Transflective, VoIP, WLNP, WWAN, dan XML

Arti Transflective, VoIP, WLNP, WWAN, dan XML
Transflective, VoIP, WLNP, WWAN, dan XML merupakan istilah-istilah yang berhubungan dengan teknologi seluler.

Istilah-istilah ini memang terdengar begitu asing di telinga.

Nah, jika Sobat kurang begitu mengerti mengenai istilah-istilah tersebut, di bawah ini diberikan penjelasan secara singkat tentang istilah ini.

Semoga uraian di bawah ini dapat memberikan sedikit gambaran tentang istilah Transflective, VoIP, WLNP, WWAN, dan XML.

Transflective
Transflective merupakan jenis LCD display panel datar. LCD transflective menggabungkan fitur terbaik dari LCD transmissive dan reflektif. Layar transflective secara khusus bisa dilihat pada situasi cahaya rendah atau cahaya cerah.

Layar normal reflective sulit untuk dibaca dalam suasana cahaya rendah, namun mudah dibaca di bawah sinar matahari. Sedangkan layar normal mudah dibaca di lingkungan ruangan rendah cahaya, tetapi sulit dilihat dalam cahaya terang, misalnya sinar matahari langsung.

VoIP
VoIP merupakan singkatan dari Voice Voice over Internet Protocol. VoIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. VoIP ini juga disebut IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone.

WLNP
Kepanjangan dari WLNP adalah Wireless Local Number Portability yaitu kemampuan untuk beralih ke operator yang berbeda (service provider) tetapi tanpa mengubah nomor telepon.

Hal ini mencakup pula kemampuan untuk memindahkan nomor telepon dari land line ke telepon seluler. Tetapi, hal ini tak memungkinkan nomor telepon untuk dipindahkan ke wilayah geografis yang berbeda.

WWAN
WWAN mempunyai kepanjangan Wireless Wide Area Network. WWAN mengacu pada jaringan data tanpa kabel kecepatan tinggi yang meliputi wilayah geografis yang luas. Kategori luas yang bisa meliputi jaringan 2.5G, 3G, 4G, WiMax, dan macam-macam teknologi di mana tiap tower (base station) dirancang untuk menjangkau daerah diukur dalam mil.

Istilah ini dipakai untuk membedakan kelompok ini dengan teknologi dari WLAN (Wireless Local Area Networks) yang biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya 100 - 1000 meter per base station, WLAN termasuk teknologi seperti Wi-Fi.

XML
Kepanjangan dari XML adalah eXtensible Markup Language. Sebuah standar yang membentuk dasar bagi sebagian besar bahasa markup moderen. XML merupakan format yang fleksibel sekali yang hanya mendefinisikan "aturan dasar" untuk bahasa lain yang mendefinisikan format untuk data terstruktur.

Contoh XML berbasis standar termasuk xHTML yang berguna untuk membuat halaman web, RSS, fedd informasi baru (contohnya berita utama) dan SyncML untuk mengelola data pribadi semisal kontak, email dan dokumen.

1 comment:

  1. Thank you for posting this. Great list Thanks for sharing with us. Visit website..

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.