Header Ads

Apa yang Dimaksud dengan Phablet?

Apa yang Dimaksud dengan Phablet?

Samsung-Galaxy-Note
Apa yang Dimaksud dengan Phablet? - Phablet merupakan istilah gabungan antara  Phone (telepon seluler) dan Tablet. Sudah banyak yang mengetahui apa itu definisi dari tablet dan smartphone (ponsel pintar).

Tablet ialah device atau gadget yang memiliki antarmuka berupa layar sentuh yang biasanya mempunyai ukuran sekitar 8,9 hingga 10 inchi. Biasanya tablet tak mempunyai fitur untuk menelepon atau mengirim sms (pesan singkat). Contohnya adalah Samsung Galaxy Tab, iPad, Motorola Xoom dan lain sebagainya.

Sedangkan phone atau smartphone (ponsel pintar) biasanya dilengkapi dengan fitur panggilan telepon, sms, browsing web dan lain sebagainya. Biasanya mempunyai ukuran layar yang bervariasi, dari 3 inchi hingga 5 inchi. Contohnya adalah Samsung Galaxy Mini, Motorola Razr dan produk sejenisnya.

Seperti diterangkan sebelumnya bahwa phablet merupakan  gabungan antara kata phone dan tablet sehingga phablet dapat diartikan sebagai istilah yang biasa dipakai untuk menggambarkan sebuah device atau gadget yang mengombinasikan kemampuan yang dipunyai oleh smartphone dan tablet.

Phablet biasanya memiliki ukuran lebih besar dari smartphone, tetapi lebih kecil dari tablet. Ukuran layarnya bervariasi antara 5 hingga 7 inchi. Selain itu, phablet juga memiliki fitur seperti yang ada pada smartphone seperti voice calling walaupun ukuran layarnya besar menyerupai tablet. Salah satu ciri-ciri dari phablet walaupun tidak mutlak adalah adanya stylus pen yang dapat dipakai untuk membuat sketsa atau menulis sesuatu pada phablet.

Contoh-contoh phablet yang beredar di pasaran sekarang ini adalah Samsung Galaxy Note, LG Optimus Vu dan Panasonic Eluga Power. Sedangkan device yang pertama kali diakui sebagai phablet ialah Dell Streak yang keluar pada tahun 2010-an.

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.