Header Ads

Kamus Seputar Dunia Ponsel (3)

Kamus Seputar Dunia Ponsel (3)

Kamus Seputar Dunia Ponsel (3)
Berikut ini informasi tentang istilah-istilah yang berhubungan dengan dunia seluler.

Istilah-istilah tersebut di antaranya adalah D-Pad, Macro, Inductive Charging, GPU, MEID, OBEX, dan Live TV.

Mungkin ada beberapa istilah yang Sobat sudah mengerti.

Namun, mungkin juga ada beberapa istilah lain yang Sobat belum begitu paham.

Nah, silakan simak tabel-tabel mengenai penjelasan secara singkat istilah-istilah seputar dunia ponsel tersebut berikut ini.

D-Pad
D-Pad merupakan kependekan dari Direction Pad. D-pad ini berupa 4 tombol yang diatur dalam sebuah lingkaran dan berguna sebagai tombol "panah" yang memungkinkan pengguna untuk bergerak ke atas, bawah, kiri, dan kanan dalam antarmuka pengguna. D-pad juga mempunyai tombol di tengah yang berguna sebagai tombol "pilih atau "OK".
Macro
Makro berarti dekat dalam terminologi kamera dan ponsel kamera. Sedangkan "mode makro" ialah mode dimana lensa akan menyesuaikan dan fokus pada sesuatu yang dekat dengan lensa (biasanya berjarak kurang dari 2 meter). Benda-benda yang dekat akan muncul out-of-focus bila tanpa mode makro.
GPU
GPU mempunyai kepanjangan Graphics Processing Unit yakni bagian dari perangkat sirkuit yang menangani layar dan animasi dari elemen visual. GPU bisa diintegrasikan ke dalam prosesor utama (CPU) atau sebuah chip yang terpisah. Ponsel atau tablet yang mempunyai GPU lebih baik atau lebih cepat memungkinkan ponsel untuk menampilkan video dan animasi permainan yang kompleks dan lebih lancar.
MEID
MEID merupakan akronim dari Mobile Equipment Identity. MEID ialah sebuah nomor ID secara global untuk setiap ponsel baru CDMA. Nomor ini berguna mengidentifikasi telepon ke jaringan dan bisa difungsikan untuk mengetahui saat ponsel dicuri atau hilang. MEID ialah pengganti ESN (Electronic Serial Number) sejak tahun 2005.
OBEX
OBEX merupakan singkatan dari Object Exchange. Profile dalam spesifikasi Bluetooth yang memungkinkan perangkat Bluetooth untuk mengirim dan menerima obyek (file) dengan perangkat Bluetooth lain.

Misalnya, mengirim foto dari satu ponsel ke ponsel lain, mengirim dokumen, dan mengirim nada dering dari PC ke telepon.
Inductive Charging
Merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan energi listrik dikirim melalui jarak yang sangat pendek, tanpa melalui kawat atau kontak listrik secara langsung.

Hal ini memungkinkan telepon untuk mengisi daya hanya dengan menempatkan di atas pad pengisian khusus. "Qi" ialah standar paling populer untuk pengisian induktif atau nirkabel. Hanya dengan standar seperti Qi konsumen mengetahui bahwa pengisian induktif akan bekerja di antara perangkat dari produsen yang berbeda.
Live TV
Merupakan sebuah fitur dalam telepon selular yang bisa menerima siaran digital video dan audio secara real time. Tak seperti video streaming, fitur ini menggunakan jaringan sendiri yang terpisah dari jaringan selular. Hal ini berarti mempunyai pita frekuensi radio sendiri dan antena khusus di telepon.

Jaringan televisi ini menyiarkan siaran televisi yang sama ke telepon mana pun dalam jangkauan. Hal ini mirip dengan layanan siaran televisi untuk rumah.

Sumber: Tabloid PULSA Edisi 243

5 comments:

  1. istilah yang sangat asing padahal fitur-fitur diatas telah kita gunakan sehari-hari, :)
    kita lebih sering menggunakan istilah-istilah yang familiar dan popular terkait dengan fungsi masing-masing fitur.

    ReplyDelete
  2. Untung saja saya mampir ke sini, jadi bertambah wawasan.

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.