Header Ads

10 Tips Transaksi Kartu Kredit di Internet

10 Tips Transaksi Kartu Kredit di Internet

10 Tips Transaksi Kartu Kredit di Internet
10 Tips Transaksi Kartu Kredit di Internet - Hari Sabtu kemarin, saya membaca sebuah harian atau surat kabar terkenal di ibukota yaitu Harian Pos Kota. Pada salah satu rubriknya yakni "Elektronik" terdapat artikel yang mengulas mengenai beberapa tips bertransaksi kartu kredit di internet.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin meneruskan informasi yang dimuat di harian tersebut kepada para pembaca blog ini. Semoga postingan kali ini berguna sebagai bahan referensi pengetahuan bagi Sobat sekalian.

Sepuluh tips transaksi kartu kredit di internet, menurut koran tersebut, diramu dari situs internetsehat.or.id dan dari berbagai sumber. Berikut 10 tips transaksi kartu kredit di internet selengkapnya.
  1. Hindari melakukan transaksi keuangan atau perbankan menggunakan komputer publik. Hal ini untuk meminimalisir resiko data-data penting kita direkam oleh program mata-mata (spyware) yang bisa jadi sudah terpasang sebelumnya.
  2. Bila menggunakan komputer pribadi, pastikan bahwa komputer Sobat tersebut sudah terpasang program sekuriti yang paling mendasar seperti antivirus atau antispyware yang selalu memeriksa dan di-update secara berkala.
  3. Saat melakukan transaksi online di sebuah situs, perhatikan benar-benar alamat situs tersebut yang tertera pada address bar browser Sobat. Tujuannya adalah agar tidak terkecoh dengan situs palsu yang mempunyai alamat dimirip-miripkan dengan aslinya.
  4. Sejumlah situs yang terpercaya akan menggunakan metode pengamanan khusus bercirikan tulisan "http" menjadi "https" pada address bar browser dan terdapat ikon gembok terkunci.
  5. Sebelum melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit di internet, ada baiknya Sobat memastikan dan meyakinkan reputasi, kredibilitas serta keontentikan toko online yang kita tuju dengan cara menghubunginya baik melalui telepon, email atau dengan mencari referensi melalui mesin pencari atau search engine (googling).
  6. Catatlah setiap transaksi perbankan atau keuangan yang Sobat lakukan di internet dan simpan baik-baik untuk kemudian berguna ketika dicocokkan dengan laporan rekening koran atau tagihan kartu kredit Sobat.
  7. Bila ternyata ada keanehan pada rekening koran atau tagihan kartu kredit Sobat, segera hubungi pihak-pihak terkait untuk meminta klarifikasi atau bahkan pembatalan rekening atau kartu kredit Sobat bila terdapat tagihan atau penggunaan rekening yang mencurigakan.
  8. Selalu melakukan "log off" atau "sign out" secara sempurna dari situs tempat Sobat melakukan transaksi e-banking dan sebagainya. Sekedar menutup browser tidak berarti otomatis memutus sesi atau koneksi ke akun online Sobat.
  9. Untuk bertransaksi online, gunakan kartu kredit dengan limit yang paling rendah sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka kerugian yang dialami tidak terlalu besar.
  10. Simpan dan gunakan kartu kredit secara bijak, khususnya jangan sampai 3 digit rahasia di bagian belakang kartu kredit Sobat diketahui oleh orang lain.

1 comment:

  1. terima kasih atas tips2nya, akan selalu saya pakai ketika hendak melakukan transaksi di internet

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.