Header Ads

Teknik Menghadapi Jalan yang Berlubang

Teknik Menghadapi Jalan yang Berlubang

Teknik Menghadapi Jalan yang Berlubang
Untuk keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara sepeda motor di jalan raya, kita harus mengikuti petunjuk rambu-rambu lalu lintas. Untuk mematuhi petunjuk yang diberikan rambu-rambu, terlebih dahulu kita harus mengenal dan mengetahui arti dan lambang rambu-rambu lalu lintas tersebut. Kalau tidak mengetahui artinya, bagaimana dapat mematuhinya. Yang sudah tahu saja kadang masih suka melanggar.

Selain patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas, baik ada petugas maupun tidak ada petugas, kita juga harus waspada terhadap keberadaan lubang-lubang di jalan raya. Terlebih lagi malam hari di titik-titik yang minim penerangan jalan.

Adanya lubang-lubang di jalan seharusnya segera ditangani oleh pihak yang berwenang. Jalan yang berlubang membahayakan keselamatan para pengendara kendaraan bermotor. Jangan sampai menunggu jatuh korban, baru kemudian diadakan perbaikan terhadap jalan yang rusak tersebut.

Divisi Humas Mabes Polri melalui halaman Facebooknya memberikan beberapa trik bagi pengendara untuk menghadapi jalan yang berlubang. Tips melewati jalan yang rusak tersebut diposting pada tanggal 14 Juni 2012 yang lalu. Berikut ini tips-tips tersebut:
Teknik menghadapi lubang yang benar adalah : 
  1. Kalau Anda sudah hapal jalannya, ini yang paling baik, tentu saja dari kejauhan Anda sudah mulai persiapan untuk berpindah lajur.
  2. Beri jarak pandang yang cukup bagi Anda dengan kendaraan di depan, sehingga kondisi jalan di depan lebih terlihat.
  3. Ketika melihat lubang segera perlambat kendaraan dengan menutup putaran gas dan kedua rem. Kemudian, bila memungkinkan tengok kaca spion untuk memastikan tidak ada kendaraan yang akan melintas di area yang akan Anda gunakan untuk menghindar. Bila tidak memungkinkan, perlambat kendaraan sampai berhenti kemudian anda melihat kaca spion dan tunggu sampai situasi aman kemudian menghindari lubang tersebut. Jangan berspekulasi. Berbahaya!
  4. Bila jarak pengereman terlalu pendek dan Anda harus melewati lubang tersebut, tetap memperlambat kendaraan dan angkat pinggul anda, sedikit tekuk lutut dan siku tangan, dan genggam lebih kuat setang kemudi anda. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlempar dari kendaraan. Kemudian berjalan lagi dengan tenang dan lebih waspada.
Hal ini berlaku juga bila sekiranya Anda mengetahui pengendara di depan Anda akan menghadapi lubang, cobalah untuk mengurangi kecepatan dan memberinya kesempatan untuk menghindar daripada pengendara tersebut menghindar pada saat kita sedang melintas di sebelahnya. Terlepas siapa yang benar dan yang salah, kita tetap saja terlibat dalam kecelakaan. Demikian teknik menghadapi lubang di jalan, tetap waspada dan bertindak aman untuk hidup yang lebih baik.

6 comments:

  1. thanks tipsnya gan

    visit back ya

    ReplyDelete
  2. bener gan, keselamatan di jalan itu penting apalagi berlubang. Harus baca ini nih tiap kali mau keluar kalo gitu :)

    ReplyDelete
  3. kunjungan petang sob, nice tips

    ReplyDelete
  4. @banyaknama Dihapalin aja Gan biar keinget terus..

    ReplyDelete
  5. @Rudy Hartono Terima kasih atas kunjungannya Sob..

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.