Header Ads

Ini Dia Makanan atau Minuman yang Dihindari Saat Sahur

Ini Dia Makanan atau Minuman yang Dihindari Saat Sahur

Di dalam bulan puasa ini, kita perlu lebih memerhatikan asupan nutrisi karena berubahnya jadwal makan. Pada bulan puasa, kita makan saat sahur dan berbuka. Salah dalam memilih makanan saat sahur dapat membuat kita cepat lapar, lemas, atau mudah sakit. Hal ini dapat mengakibatkan puasa kita menjadi tidak lancar.

Supaya puasa kita dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang dapat merusak sistem pencernaan. Berikut ini 5 jenis makanan atau minuman yang dihindari saat sahur, yang diberikan oleh Purnawati Hustina Rachman, Community Nutritionist dari Institut Pertanian Bogor seperti dilansir oleh detikcom pada Senin, 23/07/2012 17:35 WIB.

1. Gorengan

Makanan yang praktis penyajiannya seperti nugget atau ayam goreng tepung sering menjadi pilihan saat sahur. Makanan yang digoreng seperti ini mengandung lemak yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Oleh karena itu, kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan ini waktu sahur.

2. Santan

Untuk hal kepraktisan, biasanya orang sering menghangatkan makanan sisa semalam. Makanan bersantan seperti gulai ayam dan rendang sama seperti gorengan berlemak yang perlu dihindari saat santap sahur.

3. Makanan Pedas

Sebaiknya Sobat menunda dulu keinginan mengonsumsi makan pedas saat sahur. Walaupun membuat nafsu makan bertambah, makanan pedas dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih yang dapat berakibat terganggunya proses pencernaan.

4. Makanan Asam

Tak ubahnya makanan pedas, makanan asam juga dapat menaikkan asam lambung. Bila Sobat tidak mau sakit perut saat berpuasa, sebaiknya hindari makan tom yam atau sambal saat sahur.

5. Kafein

Meminum secangkir kopi atau teh di pagi hari di luar bulan puasa sering menjadi rutinitas banyak orang. Kafein mempunyai sifat diuretik yang dapat membuat kita sering buang air kecil. Akibatnya, proses penyerapan vitamin larut air bisa terganggu karena terbuang bersama urin. Jadi, bila Sobat ingin tubuh tetap fit selama bulan puasa, sebaiknya hentikan dulu kebiasaan mengonsumsi kafein saat sahur.

1 comment:

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.