Header Ads

Cara Sehat Berpuasa

Cara Sehat Berpuasa

Saat awal-awal menjalankan ibadah puasa biasanya kita sering mengalami kondisi tubuh yang lemas dan mengantuk. Namun, dengan sedikit trik dalam memilih makanan untuk sahur dan berbuka, tubuh sehat dan bugarpun dapat diraih. Dengan demikian, puasa tetap lancar, aktivitas tidak terganggu dan tubuhpun sehat.

Untuk menjaga tubuh tetap prima selama berpuasa, Sobat dapat mencoba beberapa langkah sederhana di bawah ini.

Cara Sehat Berpuasa
Lakukan perencanaan
Hal pertama yang dilakukan adalah dengan membuat daftar belanja selama bulan puasa. Silakan buat perencanaan untuk menu sahur dan berbuka. Pilihlah makanan yang berbahan segar serta jauhi junk food yang mengandung banyak lemak.

Makan sahur mendekati waktu Subuh
Memang terasa berat menjalani aktivitas sahur di pagi buta. Mungkin agak terasa ringan bila kita telah terbiasa makan sahur untuk puasa sunnah Senin - Kamis pada bulan-bulan sebelum Ramadhan. Makan sahur mendekati waktu Subuh akan mencegah kita melewati waktu Subuh. Oleh karena itu, siapkan makan sahur sebelum tidur malam dengan membuat makanan yang praktis. Disarankan untuk memilih bahan makanan yang mengandung serat, karbohidrat kompleks, protein, serta vitamin, agar tubuh dapat memelihara rasa kenyang hingga saat berbuka.

Makan secukupnya saat berbuka
Ikuti Sunnah Rosul yakni berbuka dengan manisnya buah kurma serta secangkir minuman hangat. Saat berbuka puasa, makanlah secukupnya saja. Kita bisa melanjutkan kegiatan berbuka setelah melakukan ibadah sholat Maghrib. Makan secara bertahap ini akan membantu perut kita beradaptasi kembali mencerna makanan setelah seharian menahan lapar dan haus.

Kurangi mengonsumsi kopi, teh, serta minuman bersoda
Minuman olahan seperti kopi, teh, dan minuman bersoda bisa meningkatkan produksi air seni sehingga dapat mengakibatkan sering buang air kecil. Selain itu, minuman-minuman ini bisa mengeluarkan zat-zat yang diperlukan dalam tubuh.

Lakukan olahraga ringan
Olahraga ringan ini diperlukan agar peredaran darah dalam tubuh tetap terjaga. Kegiatan berolahraga dapat mengubah cadangan energi atau lemak dalam tubuh menjadi glukosa. Efeknya adalah badan akan terasa menjadi segar. Dengan demikian, rasa lesu, malas, dan mengantuk akan terusir saat kita menjalankan puasa. Olahraga ringan ini dapat dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka.

Makan makanan sehat
Jangan lupa untuk menambahkan selalu buah dan sayur segar pada menu sahur dan berbuka. Hal ini berguna untuk menjaga asupan serat dan vitamin ke tubuh tetap terpenuhi. Usahakan cukup minum agar tidak terkena dehidrasi dan sakit kepala di siang hari.

4 comments:

  1. ane juga minum jamu. jamu kunyit putih sangat bagus dikonsumsi. alhamdulillah puasa lancar

    ReplyDelete
  2. Kunjungan rhamadan mas, met mejalankan ibadah puasa

    ReplyDelete
  3. @eyesqiu Bagus tuch Gan ditambah jamu jadi makin lancar..

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.