Header Ads

Cara Memilih Sayur Mayur yang Segar dan Sehat

Cara Memilih Sayur Mayur yang Segar dan Sehat

Cara Memilih Sayur Mayur yang Segar dan Sehat
Kita harus cermat dalam memilih buah dan sayur-mayur yang segar dan sehat agar bisa mengambil manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Secara umum, resep efektif untuk memilih sayur mayur yang segar adalah serupa dengan saat memilih buah segar. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah warna cerah, tampak kesat, beraroma segar, dan memiliki bentuk yang bagus.

Pilihlah tulang daun yang tampak jelas dan batang daun mudah dipatahkan untuk sayur yang berbentuk daun. Sedangkan untuk sayuran umbi, Sobat dapat mencari kulit umbi yang tidak memar, tidak berlubang, fisiknya cukup keras, dan tidak berair. Untuk kategori bawang yang segar adalah kondisinya tidak terlalu basah dan tak terlalu kering serta tidak keriput.

Jika sayur telah berwarna kusam dan daunnya layu serta warnanya sudah menguning, sebaiknya Sobat menghindari sayur dengan keadaan seperti ini. Apalagi bila disertai bentuk fisik yang lunak saat dipegang, berkeriput, layu, dan terlalu berair.

Sebagai contoh, bila Sobat membeli sayur brokoli segar, carilah brokoli dengan kuncup hijau segar, bebas dari noda kotoran serta perubahan warna. Hindari warna daun yang telah kekuningan, kondisi yang lembab pada daun dan tunas, serta mengeluarkan bau khas yang kuat.

Tidak jauh berbeda dengan sewaktu membeli brokoli segar, saat membeli wortel segar, carilah wortel dengan warna oranye cerah, bentuknya padat, serta permukaannya halus. Kalau Sobat membeli wortel dengan pucuk daun, pastikan daunnya berwarna hijau. Yang perlu dihindari adalah wortel dengan kondisi akar yang tumbuh di dasar, berubah warna menjadi cokelat serta berbintik kecil-kecil. Selamat memilih sayur mayur segar untuk kesehatan Sobat.

2 comments:

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.