728x90 AdSpace

Breaking

Ads[none]

Ads[none]

08 April 2012

Arti dan Lambang Rambu Lalu Lintas Jalan di Indonesia

Arti dan Lambang Rambu Lalu Lintas Jalan di IndonesiaJika kita melewati suatu jalan raya, entah itu tujuannya untuk ke sekolah, kantor, pasar, atau tempat lainnya, tentu kita sering melihat adanya rambu-rambu lalu lintas di kedua sisi jalan tersebut. Menurut Wikipedia, rambu lalu lintas adalah salah satu alat perlengkapan jalan dalam bentuk tertentu yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Agar rambu dapat terlihat baik siang atau pun malam atau pada waktu hujan maka bahan harus terbuat dari material yang reflektif (memantulkan cahaya).

Semoga dengan mengenali arti dari rambu-rambu lalu lintas kita dapat berperilaku tertib di jalan raya. Karena rambu lalu lintas dibuat untuk kenyamanan para pengguna jalan, sudah seharusnya kita mematuhi rambu-rambu tersebut baik ada petugas maupun tidak ada petugas.

Berikut ini gambar dari rambu-rambu lalu lintas beserta artinya.

1. Rambu Peringatan
Rambu ini berisi peringatan bagi para pengguna jalan bahwa di depan ada kemungkinan bahaya atau tempat berbahaya. Rambu ini didesain dengan dasar berwarna kuning dengan lambang atau tulisan berwarna hitam dan umumnya berbentuk belah ketupat.

Rambu Peringatan

Rambu Peringatan

Rambu Peringatan

Rambu Peringatan

Rambu Peringatan

2. Rambu Larangan
Rambu ini berisi larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna jalan. Rambu ini dirancang dengan latar putih dan warna lambang atau tulisan merah atau hitam.

Rambu Larangan

Rambu Larangan

Rambu Larangan

Rambu Larangan

3. Rambu Perintah
Merupakan rambu yang berisi perintah yang wajib dilakukan oleh pengguna jalan. Rambu perintah ini didesain dengan bentuk bundar berwarna biru dengan lambang berwarna putih dan merah untuk garis serong sebagai batas akhir perintah.

Rambu Perintah

Rambu Perintah

4. Rambu Petunjuk
Merupakan rambu-rambu yang menunjukkan sesuatu.

Rambu Petunjuk

Rambu Petunjuk

Rambu Petunjuk

Rambu Petunjuk

Rambu Petunjuk

5. Papan Tambahan
Papan tambahan digunakan untuk memuat keterangan yang diperlukan untuk menyatakan hanya berlaku untuk waktu-waktu tertentu, jarak-jarak dan jenis kendaraan tertentu ataupun perihal lainnya sebagai hasil manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Papan Tambahan

Papan Tambahan

6. Rambu Nomor Rute
Pada Rambu Petunjuk yaitu setelah rambu penegasan mengenai jarak dan jurusan satu kota atau daerah, ditambahkan dengan rambu petunjuk pendahulu jurusan, rambu petunjuk jurusan dan rambu penegasan jurusan yang menyatakan petunjuk arah untuk mencapai tujuan dilengkapi dengan nomor rute.

Rambu Nomor Rute

Contoh Penempatan Rambu Nomor Rute:

1. Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan pada persimpangan di depan.


2. Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan yang menunjukkan arah daerah.


3. Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan yang menyatakan arah untuk mencapai suatu tempat keluar dari jalan tol.


4. Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan yang menyatakan lajur yang harus dilewati untuk jurusan yang dituju.


5. Rambu Petunjuk Jurusan.


6. Rambu Penegasan Jalan.



TABEL NOMOR RUTE JALAN NASIONAL (ARTERI PRIMER) PULAU JAWA

Jaringan Jalan dengan Nomor Rute Ganjil

Nomor
Rute
Ruas Jalan
1Merak - Cilegon – Serang – Tangerang – Jakarta - Bekasi – Karawang – Cikampek – Pamanukan – Lohbener – Palimanan – Cirebon – Tegal – Pekalongan – Semarang – Kudus  Rembang – Tuban – Babat – Lamongan – Gresik – Surabaya – Sidoarjo – Pasuruan – Probolinggo – Situbondo – Ketapang
3Jakarta – Depok – Bogor – Sukabumi – Cianjur – Padalarang – Bandung – Cileunyi – Nagrek – Malangbong – Rajapolah – Ancol – Ciawi - Cikoneng – Ciamis – Majenang – Wangon – Buntu – Kebumen – Purworejo – Wates – Yogyakarta – Wonosari – Pacitan – Jetis – Tenggalek – Tulungagung – Blitar – Kepanjen – Pronojiwo – Lumajang – Jatiroto – Rambipuji – Jember – Banyuwangi – Ketapang
5Cileunyi – Sumedang – Kadipaten – Palimanan
7Lohbener – Indramayu – Karangampel – Cirebon
9Ajibarang – Purwokerto – Banyumas – Klampok – Banjarnegara – Wonosobo – Temanggung – Secang
15Yogjakarta – Klaten – Kartosuro - Solo – Sragen – Ngawi – Caruban - Nganjuk – Kertosono - Jombang – Mojokerto – Surabaya

Jaringan Jalan dengan Nomor Rute Genap

Nomor
Rute
Ruas Jalan
2Cilegon – Anyer – Sp. Labuan
4Cikampek – Purwakarta – Plered – Padalarang
6Tegal – Slawi – Prupuk – Bumiayu – Ajibarang – Wangon – Cilacap
8Purwokerto – Rawalo – Maos – Gumir
10Banyumas – Buntu
14Semarang – Ungaran – Bawen – Ambarawa – Secang – Magelang – Muntilan – Sleman – Yogyakarta
Arti dan Lambang Rambu Lalu Lintas Jalan di Indonesia Reviewed by Munadi di Sini on Sunday, April 08, 2012 Rating: 5 Jika kita melewati suatu jalan raya, entah itu tujuannya untuk ke sekolah, kantor, pasar, atau tempa...

Reaksi:

34 comments:

  1. Mantab...lengkap Banget...ternyata masih banyak yang baru dimengerti :D

    ReplyDelete
  2. detail sekali:-D wah terimakasih

    ReplyDelete
  3. Siip banget Bro...,trima kasih atas postingannya...,
    ini dapat membantu saudara2 kita yg belum tau/belum banyak tau ttg ini.posting yg bermanfaat Bro..keep share...!!!!!!!

    ReplyDelete
  4. aduhh pusing ngaplin y .......

    ReplyDelete
  5. Bgs banget ak baca postingannya, besok mau ujian SIM A....TQ Bro

    ReplyDelete
  6. postingannya membantu banget buat ngerjain tugas :)

    ReplyDelete
  7. kalau yang mau test pembuatan SIM mesti hafal nih.

    ReplyDelete
  8. thanks banget bro... sangat membantu...

    ReplyDelete
  9. Mantab bro,,,, numpang share yang,,,, tenan adza ane cantumin sumbernya kok... heheheheh

    ReplyDelete
  10. wah sekarang saya jadi lebih mengerti nih tentang macem2 rambu lalu lintas..kadang suka bingung hehe...terimakasih banyak atas artikelnya yg mantap n keren abis :)

    ReplyDelete
  11. wah...memmbantu banget nih mau ujian sim besok...

    ReplyDelete
  12. tadi siang saya lihat di jalan ada rambu larangan, larangan gambar sepeda, dan langan gambarnya gambar orang ada tanduknya, punya ekor dan bawa tongkat , itu artinya apa ya? rasanya ko aneh, dan saya lihat di web ini gak ada
    semoga bisa membantu menjawab

    ReplyDelete
  13. nice artikel ini, TOP BGT...
    kebetulan lagi cari rambu2 lalu lintas buat Tugas akhir ane bikin game :D

    ReplyDelete
  14. manteb pak. lengkap banget nih. yo ayoo yang mau buat sim baca.

    salam.

    ReplyDelete
  15. lengkap banget dehh...
    thanks kawan untuk rambu-rambunya

    ReplyDelete
  16. lengkap bangett. dan bisa di pahami..

    ReplyDelete
  17. makasih brow udah bantuin bwt nyelesaikan tugas gua

    ReplyDelete
  18. lebih bnyak dilanggar aturan lalu-lintasnya

    ReplyDelete
  19. Makasih..baru paham arti angka di rambu penunjuk

    ReplyDelete
  20. lengkap gan, lumayan buat belajar ujian SIM ^^

    ReplyDelete
  21. Sangat lengkap infonya gan, pengetahuan yang harus diketahui sebelum meluncur... :))

    ReplyDelete

Ads[none]