Header Ads

Beberapa Istilah Seputar Dunia Internet

Beberapa Istilah Seputar Dunia Internet

Benchmark
Jenis pengujian untuk mengukur kemampuan software/hardware yang dimiliki oleh ponsel tertentu.
Bug
Istilah untuk suatu cacat/kesalahan pada sofware atau hardware yang membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Proses untuk mengatasi adanya cacat/bug disebut sebagai debbunging.

Banner
adalah media informasi dalam bentuk image/gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah halaman webpage.
Hosting
Istilah untuk jasa penyewaan server internet untuk keperluan website dan email. Pengguna umum menyewa jasa hosting dan mendapatkan account hosting serta dapat mengupload file-file website yang kemudian nanti dapat dilihat oleh pengunjung website.
Kbps
Dihitung dalam satuan Kilobits per second adalah ukuran kecepatan trasmisi sinyal digital yang dinyatakan dalam ribuan bit per detik.
PHP
singkatan dari Programming Hypertext Processor, adalah sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk menciptakan halaman web yang bergerak.
RAS
adalah singkatan dari Remote Access Service adalah paduan perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan akses jarak jauh terhadap alat atau informasi yang tersimpan di jaringan perangkat. Server RAS adalah komputer khusus yang menggabungkan berbagai saluran komunikasi.

Search Engine
adalah sebuah program/mesin pencari di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi yang diperlukan oleh pengguna. Misal: Google, Yahoo, Lycos, Bing, dan lainnya.
Shareware
Software yang diedarkan secara gratis/free untuk dapat dicoba oleh calon pengguna selama jangka waktu tertentu. Apabila calon pengguna tertarik, maka dapat membeli versi komersial.
SLI
kepanjangan dari Sambungan Langsung Internasional adalah layanan yang memungkinkan pelanggan melakukan panggilan internasional tanpa bantuan atau campur tangan operator dari suatu terminal telepon.
Spam
suatu praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah besar news group atau email yang sebetulnya tidak berkeinginan atau tidak tertarik menerima pesan tersebut.
TCP/IP
singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan.
URL
akronim dari Uniform Resource Locator. URL mencakup nama domain dan protokol yang digunakan. Contoh URL adalah http://www.yahoo.com atau www.tabloidpulsa.co.id

Sumber: Tabloid PULSA Edisi 220 Th IX / 2011 / 2 - 15 November

1 comment:

  1. Assalamu'alaikum pak.., numpang nimba ilmu ya..,mat kenal..,bila ada kesempatan mampir ke warung sy, nih alamatnya http://www.julidarmawanto.com ,syukron

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.