Header Ads

Beberapa Istilah dalam Dunia Selular

Beberapa Istilah dalam Dunia Selular

Beberapa Istilah dalam Dunia Selular
Beberapa waktu yang lalu saya telah memposting tentang istilah-istilah dalam dunia selular.

Kali ini saya masih memposting hal yang sama.

Beberapa istilah dalam dunia selular di bawah ini diambil dari rubrik Kamus Tabloid PULSA Edisi 217 Th IX / 2011 / 21 September - 4 Oktober.

Selamat menyimak dan semoga bermanfaat.

IstilahArti
ChatDalam dunia selular, chat diartikan sebagai kegiatan berkomunikasi antar-sesama pemakai yang sedang online. Komunikasi di sini dapat berupa teks, suara, ataupun menggunakan kamera untuk layanan video call.
Data ConnectivityHal ini mengacu pada kemampuan ponsel untuk dihubungkan dengan perangkat lain seperti komputer atau ponsel yang lain. Koneksinya bisa berupa protokol tanpa kabel (wireless) seperti bluetooth ataupun melalui kabel data.
DNSKependekan dari Domain Name Service, merupakan layanan internet yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan sebagai identifikasi sebuah komputer dengan nama dan bukan dengan menggunakan alamat IP address.
DSPSingkatan dari Digital Signal Processor, merupakan komponen utama yang berfungsi melakukan koordinasi suara, sms, dan fitur pengiriman data. kemudian chipset ini melakukan proses deteksi aktivitas suara, mengatur transmisi, dan penerimaan GSM. Sinyal suara microphone (contoh pada jaringan GSM) berupa sinyal analog yang akan dikonversi ke digital.
E-CommerceAdalah sebuah bisnis online yang proses transaksinya menggunakan bantuan komputer. Transaksi tersebut dapat berupa penjualan dan pembelian barang serta jasa dan sistem pembayarannya dilakukan lewat jalur online.
FTPAdalah singkatan dari File Transfer Protocol. FTP merupakan sebuah protokol standar untuk kegiatan download maupun upload file antara dua komputer/ponsel yang saling terhubung dengan jaringan internet.
GatewaySuatu istilah yang digunakan sebagai tempat keluar masuk/pintu gerbang untuk saling bertukar data. Gateway juga biasa digunakan untuk menyaring data-data apa saja dan siapa saja yang dapat saling bertukar data melalui pintu gerbang tersebut.
IP AddressAlamat IP adalah sistem alamat pada jaringan yang direpresentasikan dengan menggunakan angka berupa kombinasi 1 sampai 4 angka yang dipisahkan oleh tanda titik.
ISDNSingkatan dari Integrated Services Digital Network, sebuah standar telekomunikasi internasional untuk suara, video, dan data melalui saluran telepon digital atau saluran telepon biasa. ISDN mendukung data transfer rates lebih dari 64 kbps (64,000 bits per second).
VOIPSingkatan dari Voice Over Internet Protocol. Dengan menggunakan fitur VOIP, pengguna ponsel dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet dan tidak lagi melalui saluran telepon konvensional secara analog.

2 comments:

  1. mungkin lebih cucok kalo di bilang istilah dalam dunia jaringan internet kali bro,,

    keep spirit

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.