Header Ads

Cara Membuat Blogroll dengan Efek Marquee

Cara Membuat Blogroll dengan Efek Marquee

Untuk menjalin persahabatan di antara sesama blogger, biasanya mereka melakukan pertukaran link. Setelah menyepakati untuk bertukar link, lalu link tersebut diletakkan di sidebar blog masing-masing blogger. Kumpulan link dari teman-teman blogger ini biasa disebut dengan blogroll. Seiring berjalannya waktu link-link tersebut telah memanjang ke bawah dan memenuhi ruangan di sidebar. Nah, agar blogroll ini tidak memakan tempat, ada salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan jalan membuat blogroll dengan efek marquee.

Marquee merupakan suatu program HTML yang dapat membuat teks berjalan atau bergerak. Blogroll dengan marquee ini diminati para blogger karena terlihat menarik dan dinamis serta dapat menghemat tempat tentunya. Di bawah ini adalah kode untuk membuat blogroll dengan marquee.
<marquee align="center" direction="up" height="100" scrollamount="2" onmouseover='this.stop()' onmouseout='this.start()' width="95%" >

link 1 <br />
link 2 <br /> 
link 3 <br /> 
link 4 <br />

</marquee>
  • Link-link di atas dapat diisi dengan link text atau link banner.
  • align="center" menunjukkan perataan teks tengah.
  • direction="up" menunjukkan arah pergerakan teks ke atas. up dapat diganti dengan dengan down, left, atau right. Kalau ingin mengganti dengan left atau right, hilangkan kode <br />.
  • height="100" menunjukkan tinggi bidang blogroll sebesar 100 piksel. Semakin besar angkanya semakin tinggi bidang yang terbentuk.
  • scrollamount="2" untuk mengatur kecepatan gerakan dalam piksel. Makin besar angkanya makin cepat gerakannya.
  • onmouseover='this.stop()' onmouseout='this.start()' menunjukkan ketika mouse sedang berada di daerah marquee maka teks akan berhenti dan saat mouse digeser kembali ke tempat lain maka teks akan bergerak kembali.
  • width="95%" menunjukkan lebar bidang blogroll 95% dari lebar sidebar.

No comments

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.