Header Ads

Kamus Seputar Dunia Ponsel

Kamus Seputar Dunia Ponsel

Kamus Seputar Dunia Ponsel
Beberapa waktu yang lalu saya membaca Tabloid PULSA, Dwi Mingguan Edisi 202 Th VIII / 2011 / 16 Februari - 1 Maret.

Di dalam tabloid tersebut terdapat rubrik KAMUS yang membahas tentang istilah-istilah seputar dunia telepon selular atau ponsel.

Berikut ini saya sajikan kembali isi dari rubrik tersebut.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan kita seputar dunia ponsel.

  • COMBAT (Compact Mobile Base Station) merupakan BTS bergerak. Biasanya dipasang pada sebuah kendaraan khusus dan ditempatkan pada daerah-daerah tertentu pada waktu tertentu. Misalnya, pada waktu ramai mudik lebaran. COMBAT ditempatkan pada daerah/lokasi dimana belum tersedia jaringan atau belum terpasang BTS namun pada lokasi tersebut membutuhkan layanan komunikasi dalam waktu cepat.
  • Dimensi lebih merujuk kepada ukuran fisik suatu benda. Misalnya, sebuah ponsel dengan dimensi 110x65x15 mm berarti ponsel tersebut berukuran tinggi 110 mm, lebar 65 mm, dan memiliki ketebalan 15 mm.
  • GUI (Graphical User Interface) merupakan salah satu model interaksi antara pengguna dengan suatu perangkat digital seperti komputer, ponsel, MP3 player dan lain-lain. GUI dimaksudkan untuk memudahkan (user friendly) dalam penggunaan suatu perangkat.
  • Kompresi dalam dunia ponsel, kompresi diartikan sebagai proses memampatkan/memperkecil ukuran data. Bisa berupa data sms maupun data file termasuk file mp3, video, gambar dan sebagainya sehingga ponsel dapat memuat lebih banyak file.
  • LCD (Liquid Crystal Display) merupakan salah satu layar yang digunakan untuk segala jenis monitor termasuk layar ponsel. Layar LCD menggunakan 2 buah lembaran bahan yang dapat mempolarisasikan kedua lembaran tersebut.
  • LCD Monocrom biasanya menampilkan gambar/teks dalam warna biru atau abu-abu tua di atas latar belakang putih keabu-abuan. Meskipun saat ini sudah tidak ada ponsel yang menggunakan jenis LCD ini, namun Nokia CDMA 2116 adalah salah satu yang menggunakan jenis LCD ini.
  • LCD Berwarna atau disebut Color LCD, jenis LCD ini menggunakan 2 teknik untuk menghasilkan warna yaitu passive matrix dan active matrix. Passive matrix menggunakan grid sederhana untuk memasok muatan ke piksel tertentu pada layar sedangkan active matrix biasa disebut TFT (Thin Film Transisitor).
  • NAM (Number Assigment Module) adalah module pengisian nomor telpon dan nomor aktivasi lainnya ke dalam memory handphone. Biasanya digunakan pada ponsel berbasis CDMA.
  • PSTN akronim dari Public Switched Telecomunication Network yaitu sebuah pesawat telepon tetap/konvesional yang menggunakan jaringan kabel seperti milik Telkom.
  • Vendor adalah pihak/perusahaan yang mengadakan/menyediakan/mendistribusikan sekaligus memberikan garansi suatu produk barang/jasa dalam suatu wilayah tertentu.

2 comments:

  1. ada yang lebih lengkap gak ni ?

    ReplyDelete
  2. Maaf Sob, baru ada yang ini nih.. :)

    ReplyDelete

Comment Policies:

1. NO SPAM
2. NO LIVE LINK

Any violation will be deleted within 24 hours, thanks for your attention.

Template images by Ollustrator. Powered by Blogger.